About

photo.php?fbid=185754288114061&set=a.172137166142440.38385.100000384729367&type=3&theater

INVENTARISASI MOLLUSCA YANG TERDAPAT DI PERAIRAN PANTAI TIMUR SERDANG BEDAGAI

Rabu, 15 Agustus 2012
RETNI LUMBAN GAOL   

ABSTRAK

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui indeks keanekaragaman dan kelimpahan, serta indeks dominansi mollusca yang terdapat di Perairan Pantai Timur Serdang Bedagai yaitu di Pantai Gudang Garam, Pantai Cermin dan di Pantai Sialang Buah, dan pengidentifikasian dilakukan di Laboratorium Biologi FMIPA UNIMED.
    Penelitian ini menggunakan teknik surve dan pengambilan sampel purposive sampling dan pengumpulan sampel dilakukan pada waktu surut dengan menggunakan metode koleksi bebas dan metode transek garis. Dilakukan satu kali pengumpulan sampel dan setiap pengambilan sampel terdiri dari 10 titik dengan panjang garis pantai 100 meter. Parameter yang diamati adalah jenis mollusca, kelimpahan dan keanekaragaman serta kondisi fisika kimia perairan yaitu suhu air, BOD, O2 terlarut, salinitas, pH, dan kecerahan air.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditemukan ada 27 jenis spesies mollusca yaitu dari kelas Gastropoda 13 spesies yakni: Helix sp, Buccinum sp, Turrilites sp, Cyprae sp, Pecten sp, Strombus sp, Murex sp, Gibbula sp, Telescopium sp, Tetrabranchia sp, Fusinus colus, Corbicula sp, 14 jenis Bivalvia yakni: Ostrea sp, Donax sp, Mactra sp, Anadara concina, Barbatia barbata, Meretrix meretrix, Barbatia tenera, Mytillus sp , Scapharca indica, Tellina radiata, Halliotis sp, Anadara feruginae, Anadara sp, Arca sp, Anadara trapecia. Kelimpahan setiap jenisnya yang tertinggi terdapat pada jenis Donax sp dengan jumlah 208 individu dan kelimpahan yang terendah terdapat pada jenis Halliotis sp, Strombus sp, Tetrabranchia sp, dan Fusinus colus dengan jumlah 2. Berdasarkan indeks dominansi, Donax sp memiliki indeks dominansi yang paling tinggi dengan total dominansi 0,6959, dan yang paling rendah tingkat dominansinya adalah Fusinus colus dengan total dominansi 0,00005. Dari hasil pengukuran faktor fisika kimia perairan dapat diketahui bahwa kondisi lingkungan pada areal Pesisir Pantai Timur Serdang Bedagai merupakan kondisi yang efektif dalam perkembangan mollusca, namum bukan merupakan kondisi yang optimum bagi perkembangan mollusca.

1 komentar:

  1. udellapaduano mengatakan...:

    Spades Online with Friends | 나비효과
    Online games like Spades 나비효과 with Friends! Spades 전라북도 출장샵 online 영천 출장안마 with friends has never 정읍 출장안마 been 경상북도 출장안마 easier. With more than 5 million people playing, this free app lets you have a

Posting Komentar